Pengarahan Diklat Prajabatan dan Ikatan Kerja PLN Angkatan 50

By 08:49:00


Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Jum'at (4/12) saya telah melewati salah satu gerbang menuju pintu masa depan saya. Saya dan teman-teman D3 Kerjasama PT.PLN (Persero) angkatan 2012 telah mengikuti
pengarahan untuk persiapan diklat prajabatan PLN angkatan 50 dan melaksanakan penandatanganan ikatan kerja.

Sebelum itu saya mau cerita sedikit tentang bagaimana perjalanan saya sampai di lokasi. Saya berangkat dari rumah kira-kira pukul 11.30. Di jalan saya mampir-mampir dulu buat print-out surat lamaran dan CV. Walaupun D3 Kerjasama, tapi saya kita tetep menyerahkan berkas-berkas seperti orang pelamar kerja yang lain. Sebenernya saya udah ngeprint semua data-data yang diperlukan, tapi tanggalnya salah. Setelah selesai ngeprint, rencananya saya mau fotokopi KTP. Eh kok tempat fotokopi di samping tempat ngeprintnya udah tutup, soalnya udah masuk waktu sholat Jum'at sih. Saya lanjutin aja perjalanannya sambil sesekali noleh ke kiri, siapa tau ada tempat fotokopian. Tapi tiap kali ngelewatin tempat fotokopian, selalu aja kelewatan. Saya yang biasanya naik motor agak cepet jadi pelan-pelan supaya kalo ada tempat fotokopian nggak kelewat lagi. Rasanya was-was, semakin dekat sama lokasi kok ga ngeliat tempat fotokopian satupun. Akhirnya dari perjalanan Mojosari-Surabaya saya baru nemu tempat fotokopi di daerah sebelum Jl. Basuki Rahmat. 

Perjalanan tidak berhenti di situ. Saya yang tidak tau lokasinya hanya bisa mengandalkan GPS. Iya, meskipun sudah tinggal di Surabaya kurang lebih selama 3 tahun, saya tidak hafal semua jalan di sana. Paling hafal ya cuma daerah sekitar kampus, hehe. Sesekali saya berhenti di pinggir untuk memastikan bahwa jalan yang saya pilih itu sesuai dengan GPS. Ternyata untuk sampai di lokasi saya harus nyasar dulu karena kelewatan buat belok. Alhasil saya harus muter lagi kira2 2 km, karena jalannya menerapkan jalur searah.

Was taken by my friend, Adit
Pesertanya adalah lulusan D3 Kerjasama PLN yang berasal dari ITS dan Polinema. Jumlah lulusan D3K Teknik Mesin-ITS adalah 21 orang termasuk saya, D3K Teknik Elektro-ITS 34 orang, dan D3K Teknik Listrik-Polinema 44 orang. Kegiatannya berlokasi di gedung Majapahit PLN Disjatim. Meskipun saya lulusan D3 Kerjasama, tapi tetap saja harus menyerahkan berkas-berkas seperti pelamar kerja yang lain. Berkas-berkas tersebut adalah sebagai berikut:
1. 2 lembar FC KTP
2. Surat Lamaran 
3. Curriculum Vitae
4. FC. Ijazah SD,  SMP, SMA,  dan Kuliah
5. Transkrip Kuliah
6. FC Akta Lahir
7. FC Kartu Keluarga 
8. 2 lembar Pas Foto berwarna terbaru ukuran 3x4.
9. Surat pernyataan dan pengikatan diri sebagai penjamin.

Sejak Kapan Jurusan Saya Ganti Jadi Teknik Elektro? Hehe
Sampai di lokasi, saya langsung lari menuju ke dalam gedung sambil ngos-ngosan. Saya pikir saya telat, eh pas masuk ternyata temen-temen saya banyak yang belum datang alias telat. Sehingga, acara yang awalnya akan dimulai pukul 14.00 jadi mundur beberapa menit. Acara diawali oleh sambutan dari Pak Manajer SDM PLN Pusat. Beliau bilang bahwa ini adalah awal penentuan nasib hingga kami umur 56 tahun nanti. Beliau juga memberitahukan bahwa humlah peserta diklat PLN angkatan 50 nanti hampir 500 orang. 

Kemudian, dilanjutkan oleh Pak Arief untuk menjelaskan perjanjian pelaksanaan diklat dan ikatan kerja. Untuk Lulusan D3 Kerjasama ini berlaku ikatan kerja selama 5 tahun. Jadi, kalau keluar atau resign dari PLN sebelum 5 tahun akan dikenai penalti sebesar 70 juta. Selain itu, beliau juga menjelaskan rundown diklat prajabatan sebagai berikut:
1. Kesamaptaan, berlokasi di Pusdikpom Cimahi selama 10 hari. Tujuannya untuk memberikan pembelajaran bela negara kepada calon karyawan. Nah, di sini latihannya semi militer. Jadi, harus mempersiapkan fisik yang prima dan latihan lari, karena katanya setiap ada kegiatan akan diawali oleh lari-lari.
2. Pengenalan perusahaan makro, selama kurang lebih 2 minggu.
3. Pembidangan, selama 2-3 bulan. Dari sini, kami akan dipisahkan sesuai jurusan masing-masing. Misalkan dari jurusan teknik mesin bisa ke bidang pemeliharaan, pembangkitan, proyek, atau operasi. Kegiatannya belajar di kelas atau bisa dibilang mirip kuliah. 
4. Perencanaan (OJT), kurleb 3 bulan. Kami akan dikumpulkan di satu provinsi selama OJT.

Setelah selesai diklat, kami akan diberikan waktu untuk pulang selama seminggu sebelum melaksanakan OJT. Setelah OJT, diberi waktu pulang seminggu lagi sebelum pengangkatan. Katanya, penempatan pegawai tidam selalu sama dengan tempat OJT.

Semangat Persiapan Diklat Prajab PLN 50, Kawan D3 Mesin ITS PLN 2012 :)
Di sana, yang saya lihat adalah raut-raut wajah yang semangat. Merasa bahagia, karena sebentar lagi akan mulai menitih karir dan berkontribusi untuk negeri ini. Dan mungkin, ini adalah salah satu cara yang bisa saya lakukan untuk dapat membahagiakan kedua orangtua saya. Semoga semua perjalanan dan kegiatan yang akan dimulai ini dinilai ibadah oleh Allah :)

You Might Also Like

0 comments