Friday, 8 December 2017

5 Pantai Cantik di Lombok Tengah


Jika mendengar kata 'Pulau Lombok', pasti tempat jalan-jalan yang pertama kali terlintas di pikiran adalah Pantai Senggigi ya? Iya, saya dulu juga berpikiran seperti itu. Pesona Pulau Lombok seakan tidak lepas dari keindahan Pantai Senggigi. Tetapi, di daerah sekitar pesisir Lombok Tengah juga tersebar bermacam-macam pantai yang keindahannya tak kalah dengan Pantai Senggigi. Saya ada refrensi 5 Pantai Cantik di Lombok Tengah. Pantai apa sajakah itu? Yuk kita telusuri satu-persatu!

1. Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta
Siapa bilang pantai Kuta hanya ada di Bali? Lombok juga punya loh! Pantai yang mempelopori adanya ayunan di pinggir pantai ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Jika berangkat dari kota Mataram, kita membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Jalan menuju ke pantai Kuta sangatlah lancar karena tidak ditemukan adanya kemacetan di sekitar daerah ini. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecoklatan.

Saat itu, saya pertama kali singgah di pantai Kuta Lombok pada pukul 12.00, siang hari bolong. Otomatis sejak langkah pertama dan seterusnya terasa sangat panas dan menyengat sekali. Apalagi dari parkiran hingga menuju ke bibir pantai hampir tidak ada pepohonan yang bisa dipakai berteduh.

Pengunjungnya lumayan banyak, mulai dari wisatawan lokal hingga asing. Sepanjang berada di sini, anda akan banyak dihampiri oleh pedangang yang menjajakan kaos, kain tenun Sasak, maupun souvenir-souvenir lainnya. Tolaklah secara halus dan jangan coba bertanya-tanya jika anda tidak berniatan untuk membeli. Biar nggak bikin PHP gitu, hehe.

Spot foto favorit saya saat berada di pantai ini adalah di bibir pantai. Lekuk perbukitan di sisi belakang pantai bisa menjadi background yang indah. Di sisi kanan pantai ada plang di atas perbukitan bertuliskan "Kuta Mandalika" dan papan bertuliskan "Kuta Lombok" di sisi kiri depan pantai ini juga bagus buat foto. Yang paling penting, jangan lupa bergaya di atas ayunannya biar hits.


2. Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan berjarak sekitar 5,2 km dari Pantai Kuta atau 60 km dari kota Mataram. Pantai ini memiliki pasir bertekstur halus dan butir-butir seperti merica berwarna putih. Warna airnya terlihat biru berkilau jika dilihat saat panas terik. Jika berkunjung ke pantai ini jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Bukit Merese, karena letaknya hampir berdekatan.

Karena letaknya yang berdekatan dengan Pantai Kuta, maka suasananya juga kurang lebih sama. Di belakang pantai terlihat lekukan bukit yang menambah indahnya pemandangan. Selain itu, masih banyak pula pedagang yang menawarkan dagangannya, mulai dari anak-anak sampai inaq-inaq.

Spot foto favorit saya yaitu di dekat papan selancar yang bertuliskan "Pantai Tanjung Aan", di dekat bibir pantai dengan background bukit-bukitnya, dan tak lupa di atas ayunannya biar lebih hits.


3. Pantai Mawun
Pantai Mawun
Pantai ini berjarak sekitar 52 km dari Kota Mataram. Jalan untuk mencapai pantai ini cukup naik-turun dan berliku. Keindahan Pantai Mawun semakin bertambah dengan keberadaan dua bukit yang mengapitnya. Pasirnya berwarna putih resik. Di sini masih banyak ditemukan pedagang yang menjajakan kaos dan kain tenun Sasak kepada pengunjung. Bagi kalian yang takut anjing, hati-hati kalau ke sini. Pasalnya di sini lumayan banyak anjing liar, tapi mereka nggak galak kok. Cukup diusir "hushh..hushh.." aja mereka udah pergi.

Dulu, temen-temen saya selalu iming-iming kalau Pantai Mawun itu bagus banget, warna pantainya biru. Temen saya yang nggak doyan pantai bilang ke saya kalau dia sampai takjub dengan keindahan Pantai Mawun. Tapi, saat saya ke sana kenapa biasa aja ya? Mungkin karena saya kesana pas lagi mendung, jadi air pantainya nggak keliatan biru, malah keliatan ijo.

But so far, Pantai ini recommended lah. Anda bisa santai-santai di kursi pantai sambil menikmati sebutir kelapa muda seharga 10rb. Eitsss, tapi jangan lupa bayar jasa penyewaan kursi pantainya juga, ya!


4. Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak
Pantai ini bisa dikatakan Pantai yang paling deket dari Mataram. Atau mungkin hanya perasaan saya saja? Jarak dari Mataram ke Pantai ini sekitar 51 km

Dari semua pantai yang ada, entah kenapa saya paling jatuh cinta sama Pantai ini. Pasirnya putih bersih, airnya biru berkilau ditambah banyak bule ganteng yang mau main selancar seliweran sangat memanjakan mata saya. Sekali lagi, saya sampai ke pantai ini saat siang hari bolong pukul 12.00. Mungkin, keindahan pantai hanya bisa dinikmati saat matahari bersinar sangat terik.

Di sini tidak ada pedagang souvenir lagi sih, tapi ganti jadi orang yang menawarkan jasa massage. Tapi untuk saya yang nggak biasa, jadi aneh gitu kalo ada yang nawarin massage pinggir pantai sekalipun yang nawarin sama-sama perempuan. Sama dengan Mawun, duduk di kursi pantai sini ada tarifnya sekitar 70rb.


5. Pantai Mawi
Pantai Mawi
Saat pertama masuk di gang kecil menuju pantai ini, dalam diri langsung mbatin, "Mana Pantainya? Kok nggak sampai-sampai ya? Jangan-jangan nyasar nih,". Karena jalannya sangat sempit dan 'ndelusup'. Jarak dari Mataram ke Pantai Mawi sekitar 55 km. Jalannya emang bener-bener kecil dan sempit, mirip jalan setapak di sawah-sawah gitu. Kalau ada mobil mau papasan kita harus pinter-pinter nempatin posisi.
 
Begitu sampai di Pantai ini, lagi-lagi saya mbatin, "Kok sepi ya? Ini di Lombok apa di Luar Negeri sih?". Pasalnya, hampir semua pengunjung di pantai ini adalah bule dan itu cuma beberapa orang saja. Yang orang lokal cuma yang jaga warung aja. Rata-rata mereka ke sini untuk snorkeling atau sekedar santai-santai di pinggir pantai saja.

Pasir di Pantai Mawi bulet-bulet kasar seperti Merica. Di pinggir pantai terdapat bukit batu yang kalau dibuat foto instagramable sekali. Airnya juga bening banget karena pasirnya gede-gede, jadi ga bikin butek. Di bibir pantai banyak sekali cangkang kerang dan keong yang lucu-lucu.

Sebenarnya, sebelum tiba di pantai Mawi, kita akan bertemu dengan dua jalan percabangan. Kalau belok kanan ke Pantai Mawi dan kalau belok kiri ke Pantai Cemeti. Karena waktunya kesorean, jadi kami tidak sempat mampir ke Pantai Cemeti deh.

Berikut ini saya kasih bonus foto dari 5 pantai tersebut ya: 
Kuta Lombok View
Tanjung Aan View
Tanjung Aan View
Mawun View
Selong Belanak
Mawi View
Mawi View
Pantai Mawi yang Jernih
Rumah Keong dan Karang di Mawi
Penjual Cilik
Selong Belanak View
Bayi Kepiting di Selong Belanak
Pantai Mawi
Sekian sedikit informasi tentang 5 Pantai cantik di Lombok Tengah yang pernah saya kunjungi. Kalau saya ada kesempatan explore lagi, InsyaAllah akan saya tulis info tentang pantai yang lainnya. Semoga informasi ini memberi manfaat ya.

No comments:

Post a Comment