Kesungguhan dalam Melakukan Segala Sesuatu

By 09:02:00



Tidak terasa dua tahun sudah saya mendapatkan amanah untuk bekerja. Setiap hari semenjak sudah bekerja, rasanya waktu bergulir dengan cepat sekali. Dari pagi ke malam, dari terang hingga ke petang. Dari memulai kegiatan di jam 5 pagi, hingga pulang kantor jam 5 sore. Bahkan terkadang bisa lebih dari jam 5 sore meskipun tidak lembur. Tiap hari rutinitasnya itu-itu aja. Bangun pagi, berangkat kantor, pulang, istirahat malam, pagi lagi.

Apakah merasa capek? Tentu. Apakah merasa bosan? Terkadang. Apakah merasa lelah? Iya. Sampai terkadang juga malas untuk bangun pagi untuk mengawali hari. Astaghfirullah. Saya sendiri juga bingung, kenapa semenjak kuliah selalu saja mlempem di perjalanan. Saya yang awalnya semangat, bisa tiba-tiba layu di tengah jalan, semacam lack of motivation. Terus kalo udah kayak gitu, gimana dong caranya biar bisa kembali semangat?
Akhirnya, saya merenung dan mengingat-ingat kembali bagaimana perjuangan saya untuk bisa sampai di titik ini. Saya berkata kepada diri saya sendiri, bahwa tidak semua orang bisa merasakan ‘lelah’ seperti yang saya rasa. Allah pasti punya tujuan tersendiri kenapa saya diberikan amanah ini. Kemudian perlahan-lahan saya kembali bersyukur atas semua nikmat dan amanah yang telah Allah titipkan. Dan salah satu cara untuk bersyukur adalah dengan bersungguh-sungguh dalam melakukan segala sesuatu. Karena di luar sana, bisa jadi ada banyak sekali orang yang menginginkan sesuatu seperti yang saat ini kita keluhkan.

Setiap kali rasa malas atau rasa jenuh itu menghampiri, harus selalu diingat bahwa setiap amanah yang dititipkan kelak pasti akan dimintai pertanggungjawaban. Sekecil apapun itu, pasti ada balasannya. Jadi kita tinggal memilih, mau dikerjakan dengan sungguh-sungguh atau sekedarnya? Tapi jangan lupa untuk selalu meniatkan segala sesuatu ini untuk ibadah kepada Allah.

Selain itu, kita juga harus punya target dalam bekerja untuk menambah semangat. Kalau kita kerja tapi nggak ada tujuan kan ya percuma, sama kayak berlayar tapi nggak tau mau pergi ke mana. Minimal ada hal yang ingin dicapai gitu lah. Semacam mimpi yang bisa memberi dorongan agar kita bisa bekerja lebih giat dan menjadi pekerja yang lebih baik. Karena siapa lagi yang akan mengubah nasib kita selain usaha kita sendiri? Tentu saja disertai oleh keputusan Allah pastinya.

"Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar-Ra’d [13:11]).

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memohon doa restu dan ridho dari orangtua. Agar setiap pekerjaan yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar, membawa berkah, dan membuahkan hasil yang terbaik. 

Akhir kata, selamat hari Senin dan semangat! :)

You Might Also Like

2 comments

  1. Sangat setuju dengan paragraf ketiga..
    Betul kalau capek, jenuh, dan bosan.. Tapi di luar sana sangat buanyak orang yang pengen merasakannya..
    Terlebih kalau sebelumnya sempat bersusah payah buat sampai ke titik terkini, itu akan jadi motivasi berlipat untuk bekerja dengan sungguh-sungguh sebagai bentuk rasa syukur atas kesempatan yang sudah diberikan Allah SWT ini...

    TFS..

    ReplyDelete
  2. betul sekali mas. kalau sampai lelah dan bosan dengan amanah yang sekarang, coba saja mengingat bagaimana perjuangannya dulu untuk bisa sampai di titik yg sekarang :)

    ReplyDelete