Pengalaman Seru Jadi Panitia ESQ di Universitas Airlangga

By 12:09:00


Dahulu saat saya masih berada di bangku SD, saya bermimpi untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi saya di Universitas Airlangga. Seiring dengan berjalannya waktu dan tahun yang berganti, tibalah saya di akhir bangku sekolah. Semua teman sibuk untuk memilih Universitas impian tempat dia akan mendaftar dan  jurusan apa yang dia inginkan, termasuk saya. Saya harus memilih dua Universitas impian saya, tetapi anehnya saya tidak memilih untuk mendaftar di Universitas Airlangga yang merupakan impian saya dari kecil. Saya memilih untuk melanjutkan perguruan tinggi di sebuah Institut yang bertetangga dengan Universitas Airlangga kampus C Mulyorejo.


Iseng-iseng saya berselancar di internet, bertemulah saya dengan sebuah artikel tentang Lomba Menulis Artikel bertema "Fun Experience with UNAIR". Mungkin cerita di bawah ini akan mewakili bagaimana pengalaman seru saya saat ikut menjadi bagian dari panitia ESQ di Universitas Airlangga.

Semua bermula pada saat saya berada di tahun kedua bangku kuliah, yaitu tahun 2013. Waktu itu saya bergabung untuk ikut menjadi panitia Training Spiritual di kampus. Saya sangat menikmati kegiatan saat menjadi panitia hingga di akhir tahun 2013 ada sebuah pengumuman di grup Facebook panitia yang berisi tentang Pendaftaran untuk menjadi panitia ESQ di Universitas Airlangga. Saya dengan antusias langsung mengajak teman saya yang juga alumni ESQ untuk mendaftar menjadi panitia di acara tersebut.

Pada H-1 sebelum acara, diadakanlah Technical meeting di Universitas Airlangga kampus C Mulyorejo, tepatnya di gedung Airlangga Convention Center. Di situ, saya bertemu dengan banyak teman dari berbagai Universitas di Jawa Timur, termasuk dari Universitas Airlangga sendiri. Senang rasanya bisa berkenalan dengan orang baru dan punya teman baru. Dari technical meeting yang saya ikuti, kami diharuskan untuk memakai baju atasan warna hitam, bawahan celana hitam. Sedangkan, untuk wanita menggunakan bawahan rok panjang berwarna hitam, kerudung warna biru MCB untuk hari pertama dan kerudung warna kuning di hari kedua. Dua warna tersebut, kuning dan biru adalah warna pokok yang melambangkan Universitas Airlangga.

Keesokan harinya, saya dan teman saya bersiap untuk berangkat ke Airlangga Convention Center. Kami berangkat pagi sekali, sekitar pukul 05.45 karena di pagi harinya kami harus menjadi petugas yang menjaga meja registrasi. Satu-persatu mahasiswa kampus yang bermotto Excellent with Morality ini berdatangan hingga mereka antri panjang di depan meja registrasi. Beberapa kali saya bertemu dengan teman saya saat SMA yang juga menjadi peserta ESQ ini. 


Hari Pertama
Setelah meja registrasi hampir sepi, kami menuju ke dalam gedung ACC. Di dalam gedung ACC, terlihat banyak sekali peserta ESQ mahasiswa Universitas Airlangga angakatan 2012 yang mengikuti ESQ. Kemudian, kami ikut membantu panitia yang bertugas membagikan snack pagi untuk menjalankan tugasnya. Setelah semua snack tersebar, acara pun dimulai. Seperti biasa, dalam acara ESQ selalu ada saat dimana emosi peserta diajak untuk merenung, sedih, menangis, dan tertawa. Tidak hanya peserta saja, emosi panitia juga ikut berkecamuk saat mengikuti jalannya ESQ meskipun kami sudah pernah mengikuti training ini. Pada saat ada games, kami para panitia juga turut ikut serta bermain. Begitu juga pada saat bernyanyi, kami para panitia dipanggil ke depan untuk ikut bernyanyi. 

Games Balon Racing
Games Membentuk Pola Huruf
Ikutan Main Games
Bersama Peserta ESQ
Waktu ishoma, kami para panitia berkumpul di suatu ruangan untuk melaksanakan sholat dan makan siang bersama. Pada akhir acara di hari pertama, kami melakukan sesi foto bersama dengan seluruh panitia dan kakak-kakak pengisi materi. Oh iya, panitia ESQ ini tidak hanya dari kalangan mahasiswa tetapi juga dari segala usia yang merupakan alumni ESQ 165.

Acara di hari kedua sama dengan hari pertama. Tetapi bedanya, di hari kedua ini kami para panitia merasa lebih dekat satu sama lain seperti sudah berteman lama. Kami lebih banyak bercanda dan berfoto untuk mengabadikan momen ini. Kami saling bertukar nomor telepon dan media sosial untuk bisa saling bertegur sapa meski sudah tidak bertemu lagi di sini. Di akhir acara, saya dan teman-teman juga berfoto bersama dengan masing-masing Kakak Pemateri. Rasanya berat untuk berpisah, sedih karena tahu di esok hari kami tidak bisa bertemu dan bercanda seperti ini lagi.

Hari Kedua
Jaga Meja Registrasi
Bersama Kawan Baru dari UNAIR dan UTM

Makan Siang
Makan Siang Bareng

Berebut Space untuk Foto Bareng
Teman-teman Peserta ESQ, Mahasiswa UNAIR
Bersama Kakak Pemateri
Kakak Pemateri
Kakak MC dan Pemateri
Yeeyy!
Teman Baru
Sebelum Pulang
Seru sekali bisa bergabung menjadi panitia ESQ dan berkenalan dengan mahasiswa Universitas Airlangga. Mungkin tidak semua mahasiswa di kampus saya bisa mengikuti kegiatan ini. Terima kasih Universitas Airlangga, karena sudah memberikan  saya kesempatan untuk merasakan pengalaman yang sangat berkesan ini. 
...

Ditulis oleh:

Sherly Nazulia Dewi
JE Perencanaan dan Pengendalian Pemeliharaan Pembangkit
PT PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Lombok 
Alumni D3 Teknik Mesin - ITS Angk. 2012


  

You Might Also Like

0 comments