Praktikum NDT (Pembidangan Prajab PLN Angkatan 50)

By 00:53:00



Alhamdulillah sudah masuk di minggu kedua pembidangan. Ga kerasa, udah sebulan saya menjadi anak perantauan karena diklat prajab. Mulai dari hari Rabu kemarin sampai Jumat besok jadwal kelas saya praktikum terus. Kemarin praktikum valve, tadi praktikum pompa, besok praktikum kompressor.

Kalau praktikum pompa sama compressor saya udah pernah sih pas kuliah, tapi kali ini beda. Pas kuliah lebih banyak praktikum tentang performanya, kalau pas diklat ini praktikumnya di bawah naungan mata pelajaran NDT (Non Desructive Test) atau Pengujian Tidak Merusak. Ya, NDT adalah salah satu jenis perawatan pada mesin untuk mengetahui kerusakan atau umur suatu mesin. Ada banyak jenis dari NDT, salah satunya adalah penetrant test yang saya dan temen-temen sekelas praktikumkan. 







Walaupun alatnya bermacam-macam seperti valve, pompa, dan compressor, tapi prosedur praktikumnya tetep aja sama. Bongkar mesin, diuji NDT, terus pasang lagi. Satu hal yang tak akan terlewat untuk diucapkan, SERU! Mainan sama kunci pas, kunci ring, grease, oli, dll itu adalah sesuatu yang akan sangat jarang untuk dilakukan bagi seorang perempuan. Dan saya merasa sangat beruntung, bersyukur bisa mendapatkan amanah dari Allah untuk masuk di bidang ini.




Kotor nggak? Ya jelas dong, tangan kena alat uji seperti penetrant, remover, developer. Tapi sekali lagi, ini seru! Haha. Terlepas dari itu, pasti ilmu yang didapatkan jadi tambah banyak banget. Paling susah kalau masang bagian-bagian mesin yang udah dipretelin. Biar nggak keliru, diurutin aja bagian-bagian mesinnya pas dipretelin. Ngatur alignment antara motor sama pompa juga susah, harus angkat dikit ganjel, angkat dikit ganjel, gitu terus sampai pas. Tapi yang banyak kerja untuk itu anak-anak cowok kok, saya sebagai cewek lebih banyak nyatet-nyatet doing, hihi. Sambil sesekali nyobain nyemprot remover, penetrant, developer atau  masang mur baut. Ya pokoknya yang ringan-ringan gitu, yang penting paham. Hehe.





Baiklah, sekian dulu. Besok saya mau senam karena hari Jumat. See you next day! 



You Might Also Like

0 comments