Mengenang Masa SMP

By 12:25:00


Dari sekian banyak bangku sekolah yang saya alami (kalimat ini salah ga ya?), menurut saya waktu SMP itulah saat yang paling berkesan. Kalau kalian, pasti waktu SMA ya? Kenapa saya lebih milih masa SMP? Karena di saat SMA saya tinggalnya di Islamic Boarding School alias 'mondok'. Jadi nggak bisa ngerasain hidup bebas layaknya siswa SMA yang lain. Tapi, meskipun semasa SMA hidup penuh aturan dan nggak bisa bebas, saya sangat menikmatinya (eh, kok malah jadi bahas SMA).

Well, back to the topic. Masa SMP adalah masa yang paling berkesan bagi saya. Karena pada masa itulah saya dapat merasakan kebebasan dan bergaul dengan teman-teman saya sepuasnya. Tapi, bebas di sini bukan dalam arti yang negatif ya.

Semasa SMP dulu, saya punya grup main yang kami namakan "Flexor". Bagi orang yang punya basic ilmu biologi atau kedokteran pasti tau deh apa arti dari "Flexor". Yup, Flexor adalah nama otot yang berfungsi untuk membengkokkan. Kami mendapat inspirasi nama ini pada saat pelajaran biologi. Guru kami lagi nerangin tentang otot-otot gitu deh. Kemudian, terucaplah nama otot "Flexor" beserta penjelasannya. Karena menurut temen saya nama itu unik, akhirnya kami pilih deh nama itu.

Grup ini terbentuk di saat saya awal menginjak kelas IX, atau sekitar tahun 2009 yang lalu. Kalau dihitung-hitung udah lumayan lama juga ya ternyata, udah 6 tahun aja. Anggotanya ada enam orang, termasuk saya. (Baca juga: It Has Been 4 Years Ago, Spenzaro)

Ada banyak sekali kenangan yang kami lakukan bersama. Saya jadi kangen masa-masa "edan" saya saat SMP bareng mereka. Karena kenangannya lumayan panjang kalau dijabarkan, jadi saya nulisnya satu-satu aja ya biar enak.

1. Ngenet Bareng
Ini nih yang paling sering kami lakukan bersama saat pulang sekolah, ngenet bareng di warnet. Jaman dulu kan smartphone belum se-smart jaman sekarang, umumnya anak SMP masih pakai HP yang O.S nya Java atau Symbian, nggak punya modem portabel yang kayak flashdisk itu, udah gitu jarang ada tempat yang menyediakan fasilitas wi-fi. Jadinya, kami kalau pulang sekolah selalu janjian untuk pergi ke warnet bareng yang lokasinya ada di depan sekolah.

Ngapain sih kita di warnet? Kadang kita cari bahan buat tugas-tugas yang kita dapet dari guru. Kalo nggak gitu, ya main sosmed dong, ahaha. Pas saya SMP, si Facebook sama Twitter lagi tenar-tenarnya nih. Kami juga masih dapet kesempatan untuk merasakan si Friendster itu, yang sekarang entah bagaimana kabarnya. 

Trus kami main mIRC, ahaha jadi ngerasa jadul dan udah tua banget deh kalo pernah pakai aplikasi ini. Di mIRC itu, kami nggak mau chat sama orang Indonesia, kami milih yang room khusus Internasional. Tapi, kami harus milih yang chat nya nggak "aneh-aneh", kalo udah mulai "aneh" langsung kami disconnect aja. Kebanyakan dari teman saya dapat kenalan dari Yunani. Kami dulu hanya punya tujuan bahwa dengan chat sama orang bule, kami bisa mengasah bahasa Inggris kami. Abis chat di mIRC, kami tuker-tukeran ID Yahoo Massenger, kalau sekarang kan tukeran ID Line ya. Ahaha, jadul abis! Dan Ngenet ini adalah sesuatu yang buat kami lupa jam, mainnya bisa luamaaaa banget sampai sore.

2. Nonton Film Bareng
Karena rumah kami jauh dari bioskop, kami sering pergi ke penyewaan DVD film kemudian nonton bareng. Ada rumah salah satu teman kami yang sering dipake buat nobar karena rumahnya paling dekat dengan sekolah, namanya Sylvi.

Nontonnya juga di komputer tabung yang punya CPU gede itu, nggak kayak sekarang pakenya laptop. Jaman saya SMP dulu, laptop adalah barang yang mewah. Yang punya laptop bisa diitung dengan jari.

Biasanya, abis nonton film kami cerita-cerita dan saling curhat gitu deh. Saking keasikan ngobrol, kami jadi pulang malem. Kalo pulang malem kita naik angkot atau bis kan serem ya, jadinya saya sering ngerjain Ayah atau Kakak saya buat jemput di rumah Sylvi. Padahal jaraknya lumayan, sekitar 5 km lah. Tapi kalau dengan posisi saya yang sekarang ada di Lombok, jarak rumahnya Sylvi dengan rumah saya itu nggak ada apa-apanya ya :')

3. Makan Mie Ayam Depan Sekolah
Ini juga salah satu kebiasaan yang sering kami lakukan saat pulang sekolah. Biasanya, kalo lagi ada yang ultah, ada yang punya rejeki lebih, atau sekedar ingin makan bareng, kami mampir dulu di Mie Ayam depan sekolah ini. Harganya murah meriah pake banget, cuma Rp 4.000 aja. Kalau mau tambah Es Teh nambah Rp 1.000 jadi totalnya Rp 5.000.

Meskipun harganya murmer banget, tapi rasanya juga lumayan. Mienya home cooking, pedagangnya bikin sendiri gitu. Ada sayur sama ayamnya juga. Kalau sekarang sih, jangankan Mie Ayam, Cilok Rp 4.000 aja dapetnya cuma seupil.

4. Bikin Video Clip
Jadi ya, jaman SMP dulu saya dan temen-temen Flexor sangat amat memfavoritkan Justin Bieber. Kayaknya saat itu kami duluan deh yang tau tentang mas Bieber di SMP *sombong*. Kayaknya loh ya. Kami kenal mas Bieber dari pertengahan tahun 2009 dan lagu pertama yang kami tau saat itu adalah One Time. Temen-temen lain nggak tau itu lagu apa, yang ada mereka pada ketawa saat kami nyanyi "Me plus you". Saya nggak inget dari mana awal pertama tau JB, tapi kayaknya karena kita kebanyakan ngenet deh, hehe.  

Karena saking ngefansnya dengan mas JB, kami sampai iseng-iseng bikin video clip ala-ala gitu dengan menggunakan lagu One Time dan Baby. Ya ampun, ngakak abis saya kalau nonton video itu. Orang yang punya ide di balik pembuatan video clip itu adalah teman saya yang bernama Thoriqoh. Dia tuh kreatif dan gokil abis anaknya. Sayang, sekarang saya nggak bisa upload video itu karena alasan tertentu.

5. Foto Bareng
Kalo ini sudah pasti ya, kayaknya normal-normal aja deh. Tapi yang bikin nggak normal saat foto bareng adalah posenya. Terkadang kami harus pose gaya tertentu yang anehnya minta ampun. Lagi-lagi yang punya ide untuk bikin pose-pose aneh adalah si Thoriqoh ini. Sampai sekarang, saya masih nyimpan beberapa fotonya loh. Sedih campur ngakak kalo liat fotonya :')

Oke, jadi itulah beberapa hal yang paling saya kenang saat masih SMP. Ah, jadi kangen, kapan saya bisa kumpul lagi dengan mereka? Thoriqoh, Firda, Eny, Lina, Sylvi, saya sangat merindukan kebersamaan dengan kalian. Semoga suatu saat kita bisa ketemu lagi dan berkumpul lengkap ya, aamiin ;)

Hasil Editan Teman "Flexor", Sylvi, yang Keren Pada Masanya :')
Kalau kamu, masa sekolah yang mana yang paling berkesan? ;)

You Might Also Like

0 comments