Tuesday, 16 January 2018

Traveling Wishlist in 2018


Assalamu'alaikum!

Hai! Sudah lama saya tidak meninggalkan jejak pena saya di sini. Rupanya sekarang sudah berganti tahun saja ya, wah nggak kerasa. Meskipun sudah memasuki pertengahan bulan Januari, tapi aroma tahun baru masih hangat terasa. Tahun baru, usia baru, pasti identik dengan suatu hal bernama "resolusi" ataupun "wishlist". Saya punya banyaaak sekali resolusi, tapi belum sempat untuk menuangkannya ke dalam tulisan satu-persatu. 

Namanya juga kehidupan ya, jadi kita kudu punya mimpi ataupun target yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu. Urusan gagal meraih atau tidaknya itu belakangan saja, yang penting dicatat biar nggak lupa. Nah, tiba-tiba saja sekarang saya ingin menuliskan beberapa wishlist traveling saya di tahun 2018 ini. Apa sajakah itu? Here we go...

1. Labuan Bajo

Berawal dari percakapan antara saya dengan mbak Betha (senior di kampus yang sekarang satu perantauan) saat sedang di mobil, tiba-tiba munculah ide untuk piknik ke sana. Awalnya sih saya nggak ada niatan untuk pergi ke Bajo. Tapi mendengar ajakan dari mbak Betha yang penuh semangat dengan jiwa petualangnya yang tinggi, saya jadi tertarik juga. Karena ternyata, keindahan alam di Labuan Bajo dan sekitarnya itu sangat indah. Sepertinya saya harus melihat dan menikmati ciptaan Allah yang ada di sana. Mumpung masih muda dan fisik insyaAllah masih kuat. 

Rencananya, saya ingin keliling ke Labuan Bajo, Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca, Danau Kelimutu, dan sekitarnya. Untuk transportasi, mbak Betha ngajakin saya buat naik kapal aja via Pelabuhan Lembar ke Labuan Bajo yang memakan waktu kira-kira 21 jam. Terus saya mikir, yaa Allah, saya naik kapal dari Lombok ke Bali yang hanya 4-5 jam aja udah bosen, apalagi ini yang sampai 21 jam dan bahkan bisa lebih! Kemudian Ibu saya kasih saran untuk naik pesawat aja. Memang sih meski naik pesawat pun bakalan transit di Bali, tapi setidaknya lebih nyaman lah ya. 


Pulau Padar

Komodo Dragon
Kalau naik kapal kira-kira bayarnya Rp 200.000 one way kalo nggak salah, tapi kalau pesawat sekitar Rp 900.000-1.200.000 one way. Jadwal keberangkatan untuk kapal hanya ada satu minggu sekali yaitu hari Sabtu, begitupun dari Bajo ke Lombok juga hanya ada di hari Sabtu. Sedangkan kalau naik pesawat kan bisa fleksibel karena banyak pilihan. Untuk penginapan saat saya cek-cek sepertinya ada sih yang tarifnya Rp 300.000-an per malam untuk dua orang. Bahkan tadi saya pas cek paket pesawat PP ditambah dengan penginapan 5 hari bisa jadi Rp 3.000.000an aja loh. 

Kalau ini jadi, kira-kira saya bakal berangkat sekitar tanggal 28 April dan pulang tanggal 3 Mei 2018. Kenapa ambil tanggal itu? Karena ada satu tanggal merah di tanggal 1 Mei, lumayan jadi nggak usah cuti panjang-panjang, hehe. 

2. Thailand
 
Jujur aja, sebenernya saya belum pernah traveling ke luar negeri karena saya dulu berpikiran untuk nggak pengen keliling LN sebelum umroh dulu. Tapi sekarang saya rasa sepertinya selagi ada kesempatan untuk ke LN meskipun tidak umroh dahulu, kenapa nggak disikat aja

Kenapa saya pilih Thailand? Karena saya tertarik dengan culture nya, bahasanya yang beda dengan Indonesia, dan tentu saja dengan kulinernya. Saat liat di akun food reviewer di instagram,  sepertinya street food Thailand itu unik-unik dan enak gitu. Meskipun kita juga nggak bisa sembarangan makan, harus pinter-pinter milih yang halal. 

Selain itu, Thailand adalah negara bebas visa untuk orang Indonesia dengan batas waktu tertentu. Jadi kita kan nggak perlu repot-repot urus visa ya, cukup pake paspor aja. Dan lagi, kata kakak saya kalau mau belanja di Thailand itu lumayan murah. Jadi bisa bawa oleh-oleh agak banyakan nanti 


Thailand
Thai Street Food
Rencananya kalau jadi, saya ingin ke sana sekitar bulan Juli awal gitu. Karena saat cek harga tiket pesawat maskapai AA, harga yang murah ya emang di tanggal segitu. Udah gitu aja 

3. Makassar dan Tana Toraja

Sudah dari lama saya pengen ke Makassar. Keinginan itu sudah muncul dari bulan Oktober tahun kemarin. Alasannya adalah, biar pernah menginjakkan kaki di Pulau Sulawesi, hahaha. Padahal saya sendiri juga nggak tau nanti bakalan mau jalan-jalan ke mana saat di Makassar. Yang jelas nggak hanya ke pantai Losari aja sih. 

Saya ingin sekali hunting kuliner Makassar seperti Konro Bakar, Coto Makassar, Palu Basa, Es Pisang Ijo, Mie Titi, Pisang Epe, dan lainnya. Selain itu, saya juga pengen banget ke Tana Toraja, ke Kete Kesu, terus liat kupu-kupu di Taman Nasional Bantimurung. Sepertinya akan menjadi sesuatu yang menarik. 


Tana Toraja
Air Terjun Bantimurung
Kupu-kupu di Bantimurung
Kalau ditanya kapan rencananya, saya juga masih bingung, ahaha. Mungkin di akhir tahun 2018 saja lah biar sambil bisa nabung-nabung. 

Itulah beberapa tempat yang ingin saya kunjungi untuk traveling di tahun 2018 ini. Saya nggak berani nulis banyak-banyak, cukup 3 ini dulu saja. Kalau pada kenyataannya nanti dikasih lebih ya Alhamdulillah. Semoga saja Allah memberi saya rejeki dan kemudahan untuk bisa traveling ke tempat-tempat tersebut. Dan semoga ini tidak hanya sekedar menjadi wacana :')

Kalau kamu, pengen traveling ke mana di tahun 2018 ini? 

5 comments:

  1. Aamiin ya Robball Aalamiin..
    Semoga tercapai tujuannya..

    Coba mendaki mbak.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas doanya, aamiin..
      wahh mendaki ya? sepertinya saya harus persiapan olahraga dulu wkwk

      Delete
    2. Sami-sami..

      Yup.. Kan ada Rinjani juga di Lombok malahan..
      Pas mbak, musim hujan kayak gini buat dibanyakin olah raga, trs begitu masuk kemarau (sekitar Mei-Septermber) baru pendakian.. hehe

      Delete
    3. nah itu mas, kayaknya Rinjani tinggi banget ya buat seorang pemula, wkwk..
      tapi nggak apalah semoga kapan-kapan bisa menaklukan rinjani XD

      Delete
    4. Iya, buat pemula biasanya di gunung-gunung kayak Prau sama Andong dulu di Jawa Tengah..
      Tapi kalo di Lombok adanya Rinjani y gimana lagi.. hehe

      Tp keren hlo kalo baru pertama bisa sampe Rinjani..

      Delete