10 Oleh-oleh Khas Lombok untuk Dibawa Mudik

By 15:10:00 ,


Assalamu'alaikum semua, apa kabar? Alhamdulillah saat ini kita sudah memasuki hari ke-25 di bulan Ramadhan. Itu artinya sebentar lagi kita bisa mudik dong ya? Alhamdulillah :)

Saat saya mau mudik di tahun 2016 kemarin, saya sedikit bingung mau bawa oleh-oleh apa dari Lombok. Akhirnya, browsing-browsing lah saya di mbah Google ditambah dengan tanya ke sana-sini, kalau mau mudik biasanya bawa apaan. Dari bingung mau bawa oleh-oleh apa, sampai bingung mau naruh oleh-oleh di mana.  Ternyata saya berhasil berburu oleh-oleh lumayan banyak :')

Maklum, mudik tahun kemarin itu pulang kampung saya yang pertama, ditambah lagi menjelang lebaran. Jadi, saya beli banyak oleh-oleh karena lebaran adalah momen dimana banyak keluarga kumpul, saya ingin sharing oleh-oleh tersebut ke mereka. Dan di kepulangan selanjutnya, semakin bertambahlah refrensi oleh-oleh saya.

Nah, bagi kamu para pendatang yang mau mudik atau para wisatawan yang sedang bingung mau bawa oleh-oleh apa dari Lombok, ini dia yang bisa kamu bawa:

1. Dodol/Manisan Rumput Laut 


Aneka Olahan Rumput Laut
Pertama kali tau makanan ini, yaitu saat saya masih kuliah tahun 2014. Dulu ada temen yang pernah ngasih ini. Lalu, waktu Ibu saya pulang dari Bali juga pernah bawain saya oleh-oleh ini. Ternyata eh ternyata, makanan itu produksinya di Lombok, bro sis!

Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar rumput laut. Teksturnya kenyal seperti agar-agar, tapi kering. Dodolnya berbentuk persegi panjang, tersedia dalam berbagai macam rasa mulai dari original, rasa buah nanas, nangka, durian, jinten hitam, dan masih banyak lagi. Sedangkan kalau manisan rumput lautnya saya hanya tau 1 rasa doang, yaitu original yang bentuknya bulat-bulat. 

Baik Dodol maupun Manisan Rumput Laut yang rasa original, rasanya lumayan enak dan tidak terlalu manis. Saya sih paling suka Dodol Rumput Laut yang rasa nangka, sedangkan Ibu saya lebih suka Dodol Rumput Laut yang rasa original. Harganya mulai dari Rp 8.000-80.000.

Kalau mau cari oleh-oleh ini, kamu bisa mampir ke:
a. Phoenix Food Showroom - Jl. A. A Gede Ngurah, Mataram, NTB.
b. Phoenix Store - Jl. Pejanggik No.48C, Pejanggik, Mataram, NTB.

2. Mutiara

Ini juga rekomendasi oleh-oleh yang paling cocok bagi kalian, terutama wiasatawan yang pergi ke Lombok. Seperti yang kita sering ketahui, Lombok terkenal dengan mutiaranya yang indah. Jadi, rugi deh kalo dari Lombok tapi nggak bawa mutiara. 

Ada dua jenis mutiara, yaitu mutiara air laut dan mutiara air tawar. Mutiara air tawar harganya cenderung murah, yakni di kisaran puluhan ribu. Sedangkan mutiara air laut ini harganya lumayan mihil, per gram bisa mulai ratusan ribu, tergantung bentuk dan coraknya.

Kalau saya sih, sampai dengan saat ini belom pernah bawa oleh-oleh mutiara. Karena, keluarga saya lebih suka dibawain oleh-oleh berupa "makanan". Selain itu, kalau bawa oleh-oleh ini bisa menguras dompet, Bo'! Jadi, InsyaAllah kapan-kapan aja deh saya bawa ini.

Kalau mau berburu mutiara, bisa berkunjung ke Jl. Kaharudin, Sekarbela, Mataram. Karena, di sepanjang jalan ini anda akan bertemu dengan toko mutiara.
 
3. Terasi Udang

Nah, ini oleh-oleh yang paling disukai oleh keluarga, hingga tetangga saya karena rasanya yang sangat uendessss kalau dipake untuk nyambel. Sangat berbeda dengan terasi-terasi yang biasa beredar di pasar dekat rumah, katanya sih gitu. Sampai-sampai ada tetangga saya yang mau nitip terasi sekilo buat dibagi-bagikan ke saudara-saudaranya!

Awalnya saya agak kaget, emang iya Terasi di Lombok lebih enak daripada Terasi lainnya? Iseng-iseng akhirnya saya bawa itu deh ke rumah. Meskipun baunya masyaAllah, bisa mencemari pakaian yang ada di tas walau Terasi tersebut sudah saya bungkus rapat-rapat dan berlapis.

Saya biasanya beli Terasi Udang ini nitip sama Ibu Dapur yang ada di kantor. Pesan saya ke beliau cuma satu, minta dibelikan Terasi Udang yang kualitas super terbaik. Harganya mungkin sekitar Rp 75.000/kg. Beliau biasanya membelikan saya terasi di Pasar Ampenan. 

Kalau mau beli Terasi ini bisa cari ke Pasar-pasar yang ada di sekitar Mataram. Seperti, Pasar Ampenan, Pasar Cakra, Pasar Kebon Rowek, Pasar Perumnas, dll.
 
4. Tahu Lombok

Ini juga yang buat saya jatuh hati, Tahu Lombok. Tekstur Tahunya lembut dan padat di dalam, mirip-mirip kayak Tahu Kediri gitu lah, tapi nggak asem. Dulu saya bawa ini nitip ke Ibu dekat kosan lama Rp 30.000, terus minta digorengin setengah mateng. Itu udah dapat buanyaaak banget, kira-kira sekotak ukuran 30x20 cm full.

Tapi sekarang entah kenapa saya jadi eneg sama Tahu ini. Jadi saya cuma bawa oleh-oleh ini sekali doang :'(

Yang mau beli Tahu ini bisa beli di Pasar-pasar yang ada di sekitar Mataram. Seperti, Pasar Ampenan, Pasar Cakra, Pasar Kebon Rowek, Pasar Perumnas, dll. Ada juga nih di Toko cuma saya belom pernah nyobain, alamatnya:

Tahu Bajang Abian Tubuh - Jl. Prabu Rangkasari No.153, Abian Tubuh Baru, Mataram.

5. Ayam Bakar Taliwang


Ayam Bakar Taliwang Satu Paket
Ke Lombok nggak pernah makan Ayam Taliwang? Berarti perjalanan anda belum sah! Karena ini makanan khas Lombok bangeeeet.

Saya belom pernah sih bawain ini, cuma emang lumayan enak rasanya. Pedes-pedes asin menyatu dengan segarnya plecing dan beberuk (lalapan khas Lombok). Harga Ayam Bakar Taliwang per ekor sekitar Rp 40.000-an.
 
Kalau mau beli oleh-oleh Ayam Bakar Taliwang ini bisa beli di:
b. Taliwang Khas Pak Udin - Jl. Gelatik No. 2B, Cakranegara, Mataram
d. Atau di rumah makan Ayam Taliwang manapun di Lombok :D 
  
6. Sate Rembiga

Tempat Beli Sate Rembiga Enak
Nah, ini dia lakone! Sate berbahan dasar daging sapi dengan bumbu pedas, manis, gurih ini kalau bisa dibawa pulang ya. Biar orang-orang rumah bisa ikut ngerasain Sate yang paling enak di dunia ini.

Semua orang rumah saya suka banget sama sate ini. Ini adalah salah satu oleh-oleh dari Lombok yang sering saya bawa pulang. Harganya Rp 2.000/tusuk. Tapi kalau nggak terbiasa makan pedes, awas bisa bikin sakit perut, ahaha.

Kalau mau beli Sate Rembiga buat oleh-oleh bisa beli di:

7. Kain Tenun Khas Sasak


Kain Tenun Khas Sasak di Desa Sade
Kain Tenun Khas Sasak ini juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh dari Lombok. Harganya berkisar antara Rp 50.000 sampai ratusan ribu pun ada. Bisa dibeli di desa Sade, desa adat suku Sasak di daerah Rembitan, atau juga bisa dibeli di toko oleh-oleh khas Lombok di sekitar Mataram. 

Tapi, saya nggak pernah bawa oleh-oleh Kain Tenun ini. Karena... kalian sudah tau kan alasannya? ;)

8. Cerorot


Cerorot!
Apaan sih itu Cerorot? Itu adalah jajanan pasar khas Lombok yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan gula merah. Warnanya coklat, dibungkus menggunakan daun kelapa muda berbentuk kerucut (contong). Saya nggak pernah bawa pulang ini, karena tiap cari di toko kue selalu kehabisan. 

Kalau mau beli cerorot bisa di:
a. Mirasa Bakery - Jl. A. A. Gede Ngurah, Cakranegara, Mataram.
b. Toko Kue 3&4 - Jl. Swakarya, Kekalik Jaya, Sekarbela, Mataram.
c. atau di Pasar-pasar sekitar Lombok.

9. Kangkung Lombok

Kok bawa oleh-oleh Kangkung? Aneh banget sih! Eitss... jangan salah, Kangkung Lombok itu beda loh dengan Kangkung Jawa. Kangkung Lombok lebih gede, panjang-panjang, dan daunnya jarang, sedangkan Kangkung Jawa kan kecil-kecil dan banyak daunnya. Kalau dimasak juga beda, Kangkung Lombok lebih renyah, sedangkan Kangkung Jawa kalau dimasak jadi lembek (benyek).

Saya juga baru tau perbedaannya semenjak tinggal di Lombok. Pas pulang bulan Desember tahun kemarin atas permintaan Ayahanda tercinta, saya coba bawa Kangkung Lombok yang masih seger, baru nyari di Pasar pas siang. Seiket harganya Rp 2.000 coba, mihil binggo. Akhirnya saya beli deh 40rb yang ternyata buanyak banget. Cara packingnya biar nggak layu dibungkus pake daun pisang, dimasukin kresek, abis itu dibungkus lagi pake karton bekas air minum, lalu dicemplungin ke koper. Mungkin, cukup sekali saya bawa oleh-oleh ini, karena cukup memakan tempat, ahaha.

Kalau mau cari Kangkung Lombok ini bisa beli di Pasar-pasar yang ada di sekitar Mataram. Seperti, Pasar Ampenan, Pasar Cakra, Pasar Kebon Rowek, Pasar Perumnas, dll. Kalau waktu itu sih, saya belinya di Pasar Ampenan.
  
10. Madu Sumbawa

Ini sebenernya oleh-oleh khas Sumbawa sih. Tapi nggak apa ya, dijadiin oleh-oleh dari Lombok juga, kan Sumbawa deket sama Lombok, hihi.

Pertama kali bawa oleh-oleh Madu Sumbawa yaitu pas mudik menjelang lebaran tahun ini. Itu berarti sekarang dong? Iya, betul banget. Saya belinya pesen ke Bapak-bapak penjual dari Sumbawa, trus dikirim ke Mataram. Jadi, InsyaAllah madunya asli.

Sebotol jurigen kecil ukuran 500 ml, harganya sekitar Rp 100.000-an untuk madu kuning. Kalau kata orang rumh saya enak, lain kali saya pengen bawain lagi madu putih sama madu item, tapi harganya lebih mahal.

Kalau mau cari madu Sumbawa, bisa juga beli di pusat Toko Pusat Oleh-oleh sekitar Mataram, biasanya mereka jualan.
...

Itu dia beberapa rekomendasi 10 Oleh-oleh Khas Lombok dari saya. Sekarang udah nggak bingung lagi kan mau cari oleh-oleh apa :)

*PS: Postingan ini tidak disponsori dari pihak manapun ya.
 

You Might Also Like

5 comments

  1. Wahhh... dolan, makan, bawa oleh-oleh, pulang...(Y). nitip oleh2nya ......

    ReplyDelete
  2. Yang saya baru coba itu yang dodol rumput laut. Iya karena nggak kelewat manis, jadi enak banget ini dodol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak dodolnya enak nggak terlalu manis, yuk ah mbak sini ke lombok :)

      Delete
  3. Yang paling berkesan adalah kain tenun khas Lombok..
    Karena habis dari sana dulu cuma bawa pulang kain tenun aja..

    Baca-baca hal berbau Pulau Lombok bikin pengen balik ke Rinjani lagi.. hehe

    ReplyDelete