Mengaktifkan Kembali Nomor IM3 yang Hangus

By 14:50:00


Assalamu’alaikum, hallo semuanya! 

Di era yang serba canggih ini, rasanya hamper semua orang punya benda kecil berbentuk persegi yang bernama “HP”. Nggak peduli itu masih bocah SMP bahkan SD, kakek-nenek pun kebanyakan sudah punya telepon genggam pribadi. Apalagi untuk orangtua yang anaknya pergi merantau jauh dari rumah, pasti mereka butuh banget sama HP buat komunikasi.

HP sekarang tidak lagi menjadi barang yang mewah. Temen-temen bisa beli mulai dari harga ratusan ribu. Bahkan saking murahnya, ada juga yang punya HP lebih dari satu. Satunya buat internetan, satunya lagi HP buat telepon dan SMS aja. Pasti ada kan yang seperti ini? Saya salah satunya.

Saking banyaknya HP, kadang kita lupa nggak ngisi pulsa untuk nomer yang cuma kita pakai buat telepon/SMS karena jarang dipakai. Lupa isi pulsa ini kalo dibiarkan lama-lama berakibat fatal loh, karena jika sudah lewat dari batas yang ditentukan nomernya bisa hangus. Nah, kali ini saya akan membagikan sedikit tips bagaimana untuk mengaktifkan kembali nomer IM3 yang sudah hangus berdasarkan pengalaman pribadi.

Berawal dari bulan Juli tahun lalu, Ibu saya minta tolong untuk diisikan pulsa ke nomor IM3 yang dipakai beliau. Besoknya, saya mau coba isi pulsa sesuai permintaan Ibu. Tapi pas lihat HPnya, tanda sinyal untuk nomer itu sudah silang. “Waduh, alamat hangus nih” batin saya. Setelah saya cek pulsanya, benar saja nomer itu sudah melewati masa tenggang selama sehari alias hangus. Sedih lah saya, menyesal pula ga segera beliin karena nomernya lumayan cantik.

Seperti biasa, saya coba untuk browsing ke mbah Google bagaimana cara untuk mengaktifkan kembali nomer IM3 yang hangus. Setelah membaca beberapa artikel saya mendapatkan sedikit titik terang nih. Cara yang pertama adalah, nomer yang sudah hangus kurang dari tiga hari bisa aktif kembali dengan cara diisi pulsanya. Langsung saat itu juga saya isi pulsa ke nomer itu, tapi sama aja nggak ada hasil. Yang ada malah aplikasi tempat saya beli pulsa nyuruh saya buat refund uangnya karena pengisian pulsa ke nomer tersebut gagal.

Kedua, saya coba untuk kirim e-mail ke CS indosat yang berisi pertanyaan. Apakah nomer IM3 Ibu saya yang sudah hangus tersebut bisa aktif kembali? Dan jawabannya cukup membuat hati sedih.

Balasan E-mail yang Bikin Sedih

Oke, kedua cara telah saya coba dan gagal pemirsa. Kemudian saya buka aplikasi belanja online dan disitu menemukan akun yang melayani custom nomor HP. Tapi setelah saya chat, mereka hanya bisa custom beberapa angka saja, tidak bisa semuanya. Hati saya tambah sedih, huhuhu.

Apakah cukup sampai disitu? Tidak. Akhirnya, pilihan terakhir saya jatuh pada pergi saja ke counter Indosat terdekat. Meskipun saat tanya di e-mail saya sudah ditolak mentah-mentah, tapi saya mau usaha dulu dengan cara tanya langsung ke CS nya.

Keesokan harinya saat istirahat siang kantor saya pergi ke TKP yang beralamat di Jl. Pejanggik, Mataram. Lokasinya cukup mudah ditemukan, letaknya berada di seberang Mataram Mall. Alhamdulillah siang itu pegawainya tidak sedang istirahat, jadi bisa langsung melayani saya. Pelanggan pun tidak ada yang mengantri, hanya saya seorang.

Saya langsung menjelaskan permasalahan saya dan bertanya apakah kartu tersebut masih bisa diaktifkan kembali. Tanpa panjang lebar, si mbak langsung bilang “Iya bisa,”. Alhamdulillah, saya bersyukur. Kemudian, si mbak meminta kartu SIM dari nomer yang telah hangus tersebut dan meminta untuk menunggu. Jika nomor tersebut sudah bisa aktif kembali, maka pihak counter akan menghubungi saya. Saya pun diberikan nomor dari CS Indosat yang sewaktu-waktu bisa saya hubungi jika ada pertanyaan mengenai kartu tersebut.

Counter Indosat di Mataram

Nomor CS Indosat Mataram

Tak harus menunggu lama, keesokan harinya saya mendapat pesan dari counter bahwa nomor Ibu saya sudah aktif kembali dan bisa diambil hari itu juga. Alhamdulillah yaa Allah, nggak jadi sedih deh. Saat istirahat siang, saya kembali ke counter untuk mengambilnya. Mbak CS memberikan kartu SIM tersebut kepada saya untuk dipasang dan Alhamdulillah langsung bisa dipakai normal. Untuk tarifnya kalau tidak salah hanya dikenakan Rp 35.000 dan itu sudah diisi paket data internet entah berapa byte. 

Ambil Nomor yang Sudah Aktif Lagi

Senang sekali akhirnya nomer IM3 punya Ibu sudah kembali. Jadi kalau kalian punya masalah yang sama dan udah ditolak mentah-mentah sama CS nya saat tanya lewat e-mail, jangan putus asa dulu deh. Kalian bisa langsung pergi ke konter Indosat terdekat ya, kan sayang kalau nomernya hangus.

Demikian pengalaman saya untuk mengaktifkan kembali nomer IM3 yang hangus. Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya :)


You Might Also Like

0 comments