Selamat Datang Tahun Baru 2022

By 15:07:00


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Halo temen-temen semua, apa kabar? Semoga sehat selalu ya! Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki tahun 2022. Kenapa rasanya waktu ini berjalan cepet banget. Masih teringat jelas apa aja yang saya lakukan di pergantian tahun 2021 kemarin.

Tahun baru identik dengan resolusi baru. Sudahkah temen-temen semua menyusun apa saja target dan resolusi di tahun ini? Target, rencana, mimpi itu harus ditulis ya, jangan biarkan dia menguap begitu saja tanpa ada eksekusi. Semua target kita di tahun baru ini harus kita tulis ke dalam daftar, bahkan kalua perlu kita print dan tempel di kamar agar kita selalu ingat.

Sebuah penelitian menyebutkan, "Struktur alam pikiran manusia sebanyak 95% dipengaruhi oleh subconsciousness (alam bawah sadar), sedangkan consciousness (alam sadar) hanya berpengaruh 5%,”. Dengan menulis target, kita akan sering membacanya dan menjadi motivasi. Sehingga, target-taget tersebut bisa masuk ke alam bawah sadar kita dan akan mempengaruhi sikap kita untuk dapat mewujudkannya menjadi nyata.

Untuk menuliskan target juga ada caranya, salah satunya yaitu dengan metode “SMART”, yaitu:

1. Spesific (Spesifik) = Rancang target secara jelas dengan mempertimbangkan unsur 5W,

- What = Apa yang ingin dicapai?; 

- Why = Kenapa target itu harus dicapai?; 

- Who = Siapa yang akan membantu terwujudnya target?; 

- Where = Dimana target itu akan tercapai?; 

- When = Kapan target itu akan tercapai?

2. Measurable (Terukur) = Pastikan target tersebut selalu diukur progresnya agar dapat dipantau perkembangannya sudah sejauh apa.

3. Achieveable (Dapat dicapai) = Tentukan target yang realistis dengan kondisi dan peluang yang kita miliki saat ini.

4. Relevant (Relevan) = Pastikan target tersebut membawa manfaat dan sesuai dengan kebutuhan kita.

5. Time Bound/Timely (Tepat Waktu) = Tentukan batas waktu kapan akan dicapainya target tersebut, agar ada urgensi dan motivasi untuk merealisasikannya.

Untuk penyusunan target SMART yang lebih detail, insyaallah akan saya tuliskan di lain waktu. Semoga di tahun berikutnya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik serta semakin berkah urusan dunia dan akhirat kita. 

Selamat menyusun target dan mimpi-mimpi! Semoga Allah mengijabah semua doa kita. Ngomong-ngomong, apa aja target kamu di tahun 2022? 😊


You Might Also Like

0 comments