Pernahkah Engkau Gagal?

By 13:31:00


Bismillahirrahmanirrahim…

Pernakah engkau gagal dalam perjalanan untuk mencapai targetmu? Pernahkah engkau gagal dalam suatu hubungan? Pernahkah engkau gagal dalam meraih mimpimu? Apa yang kamu rasakan? Satu rasa yang pasti hinggap di dalam dada, bernama “Kecewa”.
Iya, kecewa. Ketika mimpi, harapan, dan angan-angan yang sudah kau idam-idamkan selama ini lenyap begitu saja, bahkan sudah tak dapat lagi kau raih.
Secara otomatis, rasa itu akan hinggap di diri. Bagaimanapun caranya, seberapa lamapun waktunya, manusiawi jika seseorang yang gagal pasti merasakan kekecewaan. Bahkan ada beberapa dari kalian mungkin merasa jika hidup ini tak adil. Mengapa orang yang kemampuannya ada di bawah kita lebih berhak untuk menerima suatu mimpi yang sudah lama telah kita idam-idamkan? Mengapa orang yang jauh lebih pasif dari kita justru lebih berhak untuk menerima suatu amanah yang sudah lama kita harapkan? Semua itu terjadi tidak lain karena ada campur tangan dari Allah.
Ada sebuah pepatah, “kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”. Tapi, pepatah itu tidak berlaku sepenuhnya untukku. Memang benar, kegagalan adalah suatu masa sebelum kamu berhasil mencapai apa yang kamu inginkan. Tapi jika aku boleh berpendapat, aku mempunyai sebuah definisi lain dari kegagalan. Kegagalan adalah cara lain Allah untuk menghindarkanmu dari suatu hal yang tidak kamu inginkan, entah itu musibah atau kemudharatan. Memang sebelumnya kamu menginginkan sesuatu itu, tapi kamu tidak tahu hal apa yang akan menimpa dirimu jika sesuatu tersebut kamu dapatkan. Maka, disitulah peran Allah Yang Maha Pengasih. Allah memberikan kegagalan untuk kita karena Allah sayang kepada kita. Allah tidak mau kita mendapatkan hal buruk dari keinginan tersebut, Allah Maha Tahu. 


Karena Allah memberi apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.


You Might Also Like

0 comments